Home · Cerpen · Puisi · Essai

Pantai Mandala Ria, Jejak sejarah yang hilang.

Senja menjelang, matahari menggantung di ujung barat. Diatas jalan ketinggian tampak keindahan yang sangat menakjubkan, hamparan laut biru nan indah, cahaya matahari membuat air laut berkilau-kilau, pasir putih terhampar indah dan mempesona, Pantai MANDALA RIA benar-benar pemandangan yang menakubkan.

Pantai Mandala Ria terletak di desa Lembanna Ara, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dinamakan Mandala Ria karena di tempat itulah panglima mandala memesan puluhan kapal dalam rangka pembebasan Irian Barat dari Kolonial Belanda.

Selain pantainya yang berwarna putih, terdapat pula tempat-tempat menarik untuk di kunjungi, banyak goa-goa di sekitar pantai itu. salah satunya Goa Passohara yang terletak kurang lebih 30 meter dari pantai yang di dalamnya terdapat sumber mata air. kadang kala di waktu tertentu pasukan ikan hiu muncul di laut sekitaran pantai.

untuk mencapai pantai kita melewati jalan yang tidak terlalu sulit, hanya beberapa jalan yang sedikit rusak , sedikit tajam dan berkelok. akan tetapi, semua itu tebalas dengan keindahan pantai yang luar biasa.

Pantai Mandala Ria, pantai pasir putih. sayangnya tempat ini belum banyak di kenal masyarakat di bulikumba maupun masyarakat luar kabupaten, masih banyak sampah di sekitaran pantai, belum ada pengelolaan dan perhatian maksimal dari pemerintah kabupaten. padahal jika pantai ini di kelolah dengan baik dari pemerintah otomatis akan menambh pendapatan daerah kabupaten serta akan menjadikan Bulukumba sebagai tempat wisata yang maju.

Pantai Mandala Ria jejak sejarah yang hilang :(


Bulukumba, 11 November 2013

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Pantai Mandala Ria, Jejak sejarah yang hilang."

Posting Komentar

Back to top