Home · Cerpen · Puisi · Essai

PEREMPUAN : Bergeraklah !


Sejak zaman dahulu hingga sekarang, perempuan seolah terlahir dengan memikul segudang ekspektasi yang diberikan oleh keluarga, bahkan masyarakat. Mau tidak mau, kita merasa perlu untuk memenuhi harapan-harapan tersebut. 
Tantangan muncul ketika seorang perempuan berusaha “melawan arus” dengan melakukan hal-hal yang dianggap seharusnya dilakukan oleh kaum hawa.

Ada banyak sekali aturan dalam masyarakat yang seringkali menjadi penghambat bagi kaum perempuan untuk berkarya dan berdaya dalam masyarakat padahal Perempuan adalah manusia sebagaimana juga laki-laki. Perempuan memiliki seluruh potensi sebagaimana yang dimiliki laki-laki: akal yang berpikir, naluri yang merasa dan tubuh yang bergerak dalam ruang dan waktu. 
Akan tetapi dalam realitas kehidupan bermasyarakat dan berbangsa sampai hari ini, kita menyaksikan dengan kasat mata bahwa masih begitu banyak makhluk Tuhan berjenis kelamin perempuan, belum sepenuhnya memperoleh kemerdekaannya sebagaimana kemerdekaan yang dimiliki lawan jenisnya : laki-laki. 

Masih ada banyak sekali aturan-aturan ataupun norma-norma dalam masyarakat yang harus dilewati oleh seorang perempuan dalam beraktivitas dengan kata lain masih ada pembatas yang menghalangi langkah perempuan untuk bertindak tidak seperti halnya laki-laki
Di hari ini, peringatan hari perempuan peringatan bagi kita untuk semakin berani menyuarakan hak-hak kita sebagai manusia, tanpa sedikitpun mengenyampingkan kewajiban sebagai pendamping hidup pria, Ibu dari anak-anak kita serta kodrat sebagai anak yang selalu patuh pada nasehat orang tua.

Untuk itulah kita perlu menyadari keberadaan kita sebagai perempuan, bahwa kita harus mendapat perlakuan yang sama dengan siapapun, hak yang tak beda disegala bidang dan yang lebih penting adalah menyadari bahwa kita bisa berbuat lebih banyak untuk mengisi kemerdekaan ini tanpa takut tersandung oleh cemooh kodrat dan bertekad kuat untuk berani menyuarakan dan mencatatkan nama kita “Perempuan Indonesia” sebanyak mungkin di ruang publik Indonesia bahkan dunia.



Perempuan harus selalu memperlihatkan eksistensnya dalam masyarakat lalu mengubah sudut pandang kebudayaan masyarakat dan sistem sosial dan politik masyarakat terhadap perempuan. Dengan kata lain perempuan harus dipandang sebagai identitas yang memiliki potensi kemanusiaan yang sederajat dengan manusia berjenis kelamin lain berikut seluruh kehormatan yang dimilikinya.


perempuan juga patut menancapkan tekad yang bulat dalam dirinya bahwa dalam kehidupan perempuan harus  mempunyai mimpi yang harus diperjuangkan dengan kerja keras, mengabaikan komentar-komentar negatif dari masyarakat, juga belajar untuk berkata tidak untuk hal-hal yang bisa merusak mimpi-mimpi kita. Perempuan harus bergerak mendorong dirinya untuk mengembangkan diri, memberdayakan segenap kekuatan yang ada dalam dirinya.





Meskipun pada kenyataannya ada banyak rintangan yang menghadang, namun mengubah halangan menjadi tantangan akan berdampak lebih positif bagi perkembangan daya cipta. Perempuan yang mau bekerja keras, yang mampu belajar lebih cerdas, dan berani mendobrak keraguan akan semakin dekat dengan pembuktian bahwa kamu bisa menjadi perempuan yang unggul di luar ekspektasi.
Perempuan penuh cinta, tumbuhlah menjadi kuat, berbagi kekuatan saling menopang mimpi dan saling menguatkan. 
Perempuan yang kuat itu menguatkan yang lain.
Perempuan penuh cinta bergeraklah.


Bulukumba, 8 Maret 2019


Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "PEREMPUAN : Bergeraklah !"

Posting Komentar

Back to top